STANDAR PELAYANAN IJIN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (IUMK)

Senin, 13 Feb 2023 | 12:00:47 WIB - Oleh KANTOR KECAMATAN TAYU


STANDAR PELAYANAN IJIN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (IUMK)

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

Persyaratan ijin IUMK

  1. Surat Pengantar/keterangan dari desa / kelurahan.
  2. Foto copy KK/KTP pemohon
  3. Mengisi blangko
  4. Surat – surat pendukung lainnya

2.

Sistem Mekanisme dan Prosedur

Prosedur pelayanan ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

 

 

Pemohon datang dengan membawa persyaratan permohonan

 

 
 

 

 

 

 

 

                     Berkas Tidak Lengkap

 

Petugas :

  • Memeriksa kelengkapan berkas
  • Validasi & verifikasi permohonan
  • Pencatatan register

 

 

       
 
 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                               Berkas Lengkap

 

Survay Ke Lokasi

Proses Pembuatan IUMK

  • Pemarafan oleh Kasi/Sekcam
  • Penandatangan oleh Camat
  • Petugas mengarsipan data dan meregister IUMK
  • Penyerahan surat  IUMK yang sudah ditandatangani oleh petugas kepada pemohon

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Jangka Waktu Pelayanan

Maksimal 2 (dua) hari terhitung persyaratan diterima lengkap

4.

Biaya / tarif

Tidak dipungut biaya (GRATIS)

5.

Produk Pelayanan

Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

6.

Penanganan, pengaduan, saran dan masukan

Sarana Pelayanan Pengaduan

  • Kotak Saran
  • Telepon / wa : 082135006009
  • Surat yang ditujukan kepada Camat Tayu, Jl. P. Sudirman No. 1Tayu

Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut :

  • Cek administrasi
  • Koordinasi internal
  • Koordinasi instansi terkait

Responsif pengaduan maximal 3 x 24 jam

Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima.

Membuat kuisioner kepada publik tentang survai kepuasan masyarakat.

Membuka ruang dialog dan interaktif

7.

Waktu Pelayanan

Hari Senin s/d Kamis :   07.30 – 15.00 WIB

Hari Jumat                   :   07.30 – 13.30 WIB

 

                                               

 

 

 

Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (Manufacturing)

           

NO

KOMPONEN

URAIAN

1.

Dasar Hukum

  1. Peraturan Bupati Pati Nomor 26 Tahun 2013 tentang Pelimpahan sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat dalam rangka Pelaksanaan Pelayanan Administrasi terpadu Kecamatan
  2. Peraturan Bupati Pati Nomor 31 Tahun 2013 tentang Uraian Tugas Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan
  3.  Peraturan Bupati Pati Nomor 40 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan dalam rangka Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan.
  4. Peraturan Bupati Pati Nomor 35 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati
  5. Peraturan Bupati Pati No. 22 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati.

2.

Sarana, prasarana dan / atau fasilitas

  1. Ruang Pelayanan
  2. Ruang Tunggu
  3. Komputer dan Printer
  4. ATK

3.

Kompetensi Pelaksana

  1. Pendidikan minimal SLTA/sederajad
  2. Terampil mengoperasikan komputer.

4.

Pengawasan Internal

Oleh Sekcam

5.

Jumlah Pelaksana

4 (empat) orang

6.

Jaminan Pelayanan

Adanya kode etik pelayanan dan maklumat pelayanan

7.

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Keabsahan surat ijin usaha dengan adanya tanda tangan Camat dan berstempel basah.  Survai langsung ke tempat usaha, sehingga benar

8.

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Periodik 1 bulan sekali sesuai Standar Pelayanan