STANDAR PELAYANAN KETERANGAN PINDAH NIKAH / DISPENSASI NIKAH

Rabu, 15 Feb 2023 | 10:41:56 WIB - Oleh KANTOR KECAMATAN TAYU


STANDAR PELAYANAN KETERANGAN PINDAH NIKAH / DISPENSASI NIKAH

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

Persyaratan keterangan pindah nikah / dispensasi.

 

 

1.

Surat keterang pindah nikah dari desa / kelurahan;

 

 

2.

Blako dari KUA;

 

 

3.

Fotocopy ijazah;

 

 

4.

Fotocopy akta kelahiran;

 

 

5.

Untuk pemohon berstatus janda / duda cerai dilampiri surat akta cerai dari Pengadilan Agama;

 

 

6.

Untuk pemohon berstatus janda / duda mmeninggal dilampiri surat kematian dari desa / kelurahan;

 

 

7.

Bagi pemohon yang melaksanakan pernikahannya kurang dari 10 hari sebelum hari H harus mengajukan dispensasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Prosedur

Prosedur pelayanan surat keterangan pindah nikah / dispensasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemohon datang dengan membawa persyaratan permohonan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berkas tidak lengkap

 

 

 

 

 

 

 

 

Petugas  :

 

 

 

 

 

 

-

Memeriksa kelengkapan berkas

 

 

 

 

 

-

Validasi + Verifikasi permohonan

 

 

 

 

 

 

-

Pencatatan regester

 

 

 

 

 

 

 

      Berkas lengkap

 

 

 

 

 

 

-

Proses pembuatan surat keterangan pindah nikah / dispensasi.

 

 

 

 

 

 

-

Penandatangan oleh Kasi / Sekcam / Camat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-

Petuga mengarsipkan data dan meregester surat keterangan pindah nikah / dispensasi.

 

 

 

 

 

-

Penyerahan surat keterangan pindah nikah / dispensasi yang sudah ditandatangani oleh petugas kepada pemohon.

 

 

 

 

 

 

 

 

                               

Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing)

 

1.

Dasar Hukum

1.

Undang-Undang Nomor 1Tahun 1974 tentang Perkawinan ;

 

 

 

2.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik ;

 

 

 

3.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2011 tentang Standart Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten / Kota ;

 

 

 

4.

Perbup Pati No. 1 Tahun 2014 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Bupati Pati Nomor 63 Tahun 2009 tentang Pelimpahan Sebagaian Kewenangan Bupati kepada Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati.

 

 

 

5.

Peraturan Bupati Pati Nomor 35 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati . 

 

 

 

6.

Peraturan Bupati Pati No. 22 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                       

 

2.

Sarana, Prasarana dan/atau fasilitas

1.

Ruang pelayanan;

 

 

2.

Ruang tunggu;

 

 

 

3.

Komputer dan printer;

 

 

 

4.

ATK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

3.

Kompetensi pelaksana

1.

Minimal pendidikan SLTA/sederajat

 

 

 

2.

Terampil mengoperasionalkan computer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

4.

Pengawas internal

Oleh Sekretaris Camat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

5.

Jumlah pelaksana

3 (tiga) orang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

6.

Jaminan pelayanan

Adanya kode etik pelayanan dan maklumat pelayanan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

7.

Jaminan keamanan pelayanan

Keabsahan dokumen keterangan pindah nikah / dispensasi dengan tandatangan Kasi/Sekcam dan berstempel basah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

8.

Evaluasi kinerja pelaksanaan

Periodik 1 (satu) bulan sesuai standar pelayanan