STANDAR PELAYANAN KETERANGAN PINDAH NIKAH / DISPENSASI NIKAH
NO. |
KOMPONEN |
URAIAN |
|||||||||||||
1. |
Persyaratan |
Persyaratan keterangan pindah nikah / dispensasi. |
|||||||||||||
|
|
1. |
Surat keterang pindah nikah dari desa / kelurahan; |
||||||||||||
|
|
2. |
Blako dari KUA; |
||||||||||||
|
|
3. |
Fotocopy ijazah; |
||||||||||||
|
|
4. |
Fotocopy akta kelahiran; |
||||||||||||
|
|
5. |
Untuk pemohon berstatus janda / duda cerai dilampiri surat akta cerai dari Pengadilan Agama; |
||||||||||||
|
|
6. |
Untuk pemohon berstatus janda / duda mmeninggal dilampiri surat kematian dari desa / kelurahan; |
||||||||||||
|
|
7. |
Bagi pemohon yang melaksanakan pernikahannya kurang dari 10 hari sebelum hari H harus mengajukan dispensasi. |
||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2. |
Prosedur |
Prosedur pelayanan surat keterangan pindah nikah / dispensasi. |
|||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
Pemohon datang dengan membawa persyaratan permohonan |
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
|
|
|
Berkas tidak lengkap |
|
|
|
|||||||||
|
|
|
|
|
Petugas : |
|
|||||||||
|
|
|
|
|
- |
Memeriksa kelengkapan berkas |
|
||||||||
|
|
|
|
- |
Validasi + Verifikasi permohonan |
|
|||||||||
|
|
|
|
|
- |
Pencatatan regester |
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
Berkas lengkap |
|
||||||||
|
|
|
|
|
- |
Proses pembuatan surat keterangan pindah nikah / dispensasi. |
|
||||||||
|
|
|
|
|
- |
Penandatangan oleh Kasi / Sekcam / Camat |
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
- |
Petuga mengarsipkan data dan meregester surat keterangan pindah nikah / dispensasi. |
|
|||||||||
|
|
|
|
- |
Penyerahan surat keterangan pindah nikah / dispensasi yang sudah ditandatangani oleh petugas kepada pemohon. |
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing)
1. |
Dasar Hukum |
1. |
Undang-Undang Nomor 1Tahun 1974 tentang Perkawinan ; |
|
|||||||
|
|
2. |
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik ; |
|
|||||||
|
|
3. |
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2011 tentang Standart Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten / Kota ; |
|
|||||||
|
|
4. |
Perbup Pati No. 1 Tahun 2014 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Bupati Pati Nomor 63 Tahun 2009 tentang Pelimpahan Sebagaian Kewenangan Bupati kepada Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati. |
|
|||||||
|
|
5. |
Peraturan Bupati Pati Nomor 35 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati . |
|
|||||||
|
|
6. |
Peraturan Bupati Pati No. 22 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati. |
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
Sarana, Prasarana dan/atau fasilitas |
1. |
Ruang pelayanan; |
|
||||||
|
2. |
Ruang tunggu; |
|
|||||||
|
|
3. |
Komputer dan printer; |
|
||||||
|
|
4. |
ATK. |
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Kompetensi pelaksana |
1. |
Minimal pendidikan SLTA/sederajat |
|
||||||
|
|
2. |
Terampil mengoperasionalkan computer |
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
Pengawas internal |
Oleh Sekretaris Camat |
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
Jumlah pelaksana |
3 (tiga) orang |
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. |
Jaminan pelayanan |
Adanya kode etik pelayanan dan maklumat pelayanan |
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. |
Jaminan keamanan pelayanan |
Keabsahan dokumen keterangan pindah nikah / dispensasi dengan tandatangan Kasi/Sekcam dan berstempel basah |
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. |
Evaluasi kinerja pelaksanaan |
Periodik 1 (satu) bulan sesuai standar pelayanan |
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|