STANDAR PELAYANAN LEGALISASI SURAT KETERANGAN WARIS

Rabu, 15 Feb 2023 | 10:44:49 WIB - Oleh KANTOR KECAMATAN TAYU


STANDAR PELAYANAN LEGALISASI SURAT KETERANGAN WARIS

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

Persyaratan legalisasi surat keterangan waris.

 

 

  1. Fotocopy akta kematian suami (alm) dan atau istri (alm) legalisir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pati;
  2. Fotocopy surat nikah almarhum legalisir KUA bagi muslim;
  3. Fotocopy surat nikah almarhum legalisir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pati bagi Non Muslim;
  4. Fotocopy surat cerai almarhum legalisir Pengadilan Agama / Pengadilan Negeri;
  5. Fotocopy KTP para ahli waris (yang masih berlaku) legalisir Kecamatan;
  6. Fotocopy KK para ahli waris legalisir Kecamatan;
  7. Fotocopy KTP 2 (dua) orang saksi legalisir Kecamatan (yang masih berlaku);
  8. Fotocopy akta kelahiran para ahli waris legalisir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil;
  9. Bila ahli waris (anak) ada yang meninggal ;

 

 

 

-

Fotocopy akta kematian ahli waris legalisir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil;

 

 

 

-

Fotocopy surat nikah ahli waris (bila ahli waris mempunyai keturunan)  legalisir KUA / Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pati;

 

 

 

-

Fotocopy akta kelahiran anak ahli waris legalisir kecamatan;

 

 

 

-

Fotocopy KK legalisir kecamatan.

 

 

10.

Surat keterangan warisan yang sudah ditandatangani para ahli waris diketahui Kades/Lurah dan dikuatkan Camat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Prosedur

Prosedur pelayanan legalisasi surat keterangan waris.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemohon datang dengan membawa persyaratan permohoan

 

 

 

 

 

Berkas tidak lengkap

 

 

 

 

 

 

 

 

Petugas frontliner  :

 

 

 

 

 

 

-

Memeriksa kelengkapan berkas

 

 

 

 

 

-

Validasi + Verifikasi permohonan

 

 

 

 

 

 

-

Pencatatan regester

 

 

 

 

 

 

 

      Berkas lengkap

 

 

 

 

 

 

-

Pemarafan oleh Kasi / Sekcam

 

 

 

 

 

 

-

Penandatangan oleh Camat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyerahan legalisir surat keterangan waris yang sudah ditandatangani oleh petugas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                       

 

 

 

Keterangan bagan  :

 

 

1.

Pemohon datang ke Kantor Kecamatan untuk menyerahkan berkas permohonan.

 

 

2.

Pemeriksaan berkas permohonan, petugas mengecek dan meneliti kesesuaian persyaratan.

 

 

3.

a.

Jika berkas belum benar dan lengkap serta apabila tidak sesuai maka permohonan akan ditolak.

 

 

 

b.

Jika berkas benar dan lengkap maka legalisasi surat keterangan waris akan diproses.

 

 

4.

Pemarafan + penandatanganan oleh pejabat yang berwenang.

 

 

5.

Penyerahan legalisir surat keterangan waris.

3.

Lama pelayanan

Maksimal 15 (lima belas) menit terhitung persyaratan diterima lengkap.

4.

Biaya tarif

Tidak dipungut bayaran (GRATIS)

5.

Produk pelayanan

Legalisir surat keterangan waris.

6.

Pengelolaan pengaduan, saran dan masukan

Sarana pelayanan pengaduan

  • Kotak saran

 

 

-

Telepon / SMS : 082135006009

Kantor Kecamatan Tayu Jl. P. Sudirman No. 1 Tayu

 

 

Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh Tim Pengaduan dengan tahapan sebagai berikut  :

 

 

-

Cek administrasi

 

 

 

 

 

 

 

-

Koordinasi internal

 

 

 

 

 

 

 

-

Koordinasi intansi terkait

 

 

 

 

 

 

 

Reponsif pengaduan  : maksimal 3 X 24 jam.

Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima.

                   

 

7.

Waktu pelayanan

Hari Senin s/d Kamis

:

07.30 – 15.00 WIB

 

 

Hari Jum’at

:

07.30 – 13.30 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                 

 

Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing).

 

NO

KOMPONEN

URAIAN

 

1.

Dasar Hukum

1.

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.;

 

 

 

2.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2011 tentang Standart Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten / Kota ;

 

 

 

3.

Perbup Pati No. 1 Tahun 2014 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Bupati Pati Nomor 63 Tahun 2009 tentang Pelimpahan Sebagaian Kewenangan Bupati kepada Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati.

 

 

 

4.

Peraturan Bupati Pati Nomor 35 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati . 

 

 

 

5.

Peraturan Bupati Pati No. 22 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

 

2.

Sarana, Prasarana dan/atau fasilitas

1.

Ruang pelayanan;

 

 

2.

Ruang tunggu;

 

 

 

3.

Komputer dan printer;

 

 

 

4.

ATK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

3.

Kompetensi pelaksana

1.

Minimal pendidikan SLTA/sederajat

 

 

 

2.

Terampil mengoperasionalkan computer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

4.

Pengawas internal

Oleh Sekretaris Camat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

5.

Jumlah pelaksana

3 (tiga) orang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

6.

Jaminan pelayanan

Adanya kode etik pelayanan dan maklumat pelayanan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

7.

Jaminan keamanan pelayanan

Keabsahan dokumen kewarisan dengan tandatangan Camat dan berstempel basah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

8.

Evaluasi kinerja pelaksanaan

Periodik 1 (satu) bulan sesuai standar pelayanan