STANDAR PELAYANAN PENERBITAN KARTU KELUARGA (KK)
NO. |
KOMPONEN |
URAIAN |
1.
|
Persyaratan |
I |
Penduduk tetap dengan pengurangan anggota keluarga karena pisah Kartu Keluarga : |
|
|
1. |
KK nama asli; |
|
|
2. |
Surat pengantar dari Ketua RT / RW setempat; |
|
|
3. |
Surat kehilangan dari kepolisian bagi warga yang KK hilang; |
|
|
4. |
Mengisi master biodata penduduk untuk WNI (F.1.21) atau (DK.1) di Kelurahan / Desa, yang ditandatangani oleh Kepala Keluarga, Ketua RT, Ketua RW dan Kepala Desa / Lurah; |
|
|
5. |
Melampirkan fotocopy KK dan atau KTP anggota keluarga yang pisah KK; |
|
|
6. |
Pencetakan KK dan KTP di Kecamatan dan penandatangan KK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Pati. |
|
|
|
|
|
|
II |
Penduduk tetap dengan pengurangan anggota keluarga karena kematian : |
|
|
1. |
KK nama asli; |
|
|
2. |
Surat pengantar dari Ketua RT / RW setempat; |
|
|
3. |
Surat kehilangan dari kepolisian bagi warga yang KK hilang; |
|
|
4. |
Mengisi master biodata penduduk untuk WNI (F.1.21) atau (DK.1) di Kelurahan / Desa, yang ditandatangani oleh Kepala Keluarga, Ketua RT, Ketua RW dan Kepala Desa / Lurah; |
|
|
5. |
Melampirkan surat kematian anggota keluarga yang meninggal; |
|
|
6. |
Pencetakan KK dan KTP di Kecamatan dan penandatangan KK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Pati. |
|
|
|
|
|
|
III |
Penduduk tetap dengan pengurangan anggota keluarga karena pindah datang : |
|
|
1. |
KK nama asli; |
|
|
2. |
Surat pengantar dari Ketua RT / RW setempat; |
|
|
3. |
Surat kehilangan dari kepolisian bagi warga yang KK hilang; |
|
|
4. |
Mengisi master biodata penduduk untuk WNI (F.1.21) atau (DK.1) di Kelurahan / Desa, yang ditandatangani oleh Kepala Keluarga, Ketua RT, Ketua RW dan Kepala Desa / Lurah; |
|
|
5. |
Melampirkan surat pindah datang (pengurangan anggota keluarga dari KK lama); |
|
|
6. |
Pencetakan KK dan KTP di Kecamatan dan penandatangan KK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Pati. |
|
|
|
|
|
|
IV |
Penduduk tetap dengan pengurangan anggota keluarga karena tambahan anak : |
|
|
1. |
KK nama asli; |
|
|
2. |
Surat pengantar dari Ketua RT / RW setempat; |
|
|
3. |
Surat kehilangan dari kepolisian bagi warga yang KK hilang; |
|
|
4. |
Mengisi master biodata penduduk untuk WNI (F.1.21) atau (DK.1) di Kelurahan / Desa, yang ditandatangani oleh Kepala Keluarga, Ketua RT, Ketua RW dan Kepala Desa / Lurah; |
|
|
5. |
Melampirkan akta kelahiran atau surat keterangan kelahiran dari rumah sakit/dokter/bidan/puskesmas atau penolong kelahiran; |
|
|
6. |
Pencetakan KK dan KTP di Kecamatan dan penandatangan KK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Pati. |
2. |
Prosedur |
Prosedur pelayanan penerbitan kartu keluarga |
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pemohon datang dengan membawa persyaratan permohonan |
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
Berkas tidak lengkap |
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
Petugas : |
|
|||
|
|
|
|
|
- |
Memeriksa kelengkapan berkas |
|
||
|
|
|
|
- |
Pencatatan regester |
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
Berkas lengkap |
|
||
|
|
|
|
|
- |
Pencetakan KK oleh operator |
|
||
|
|
|
|
|
- |
Pemarafan oleh Kasi dan Camat |
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
Penandatangan oleh Kepala Disdukcapil Kab. Pati |
|
||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
Penyerahan KK oleh petugas Disdukcapil Kab. Pati |
|
||||
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
Petugas kecamatan menyerahkan ke pemohon |
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
Keterangan bagan : |
||||||
|
|
1. |
Pemohon datang ke Kantor Kecamatan untuk menyerahkan berkas permohonan. |
|||||
|
|
|
|
|||||
|
|
2. |
Pemeriksaan berkas permohonan, petugas mengecek dan meneliti kesesuaian persyaratan. |
|||||
|
|
3. |
a. |
Jika berkas belum benar dan lengkap serta apabila tidak sesuai , permohonan dikembalikan untuk dilengkapi. |
||||
|
|
|
b. |
Jika berkas benar dan lengkap maka KK akan diproses. |
||||
|
|
4. |
Pemarafan dan penandatanganan oleh pejabat yang berwenang. |
|||||
|
|
5. |
Penyerahan KK kepada pemohon. |
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Lama pelayanan |
Maksimal 15 (lima belas) menit terhitung persyaratan diterima lengkap. |
4. |
Biaya tarif |
Tidak dipungut bayaran (GRATIS) |
|
5. |
Produk pelayanan |
Kartu Keluarga |
|
6. |
Pengelolaan pengaduan, saran dan masukan |
Sarana pelayanan pengaduan |
|
|
- |
Kotak saran |
|
|
|
- |
Telepon / SMS : 0895333226006 Kantor Kecamatan Tayu JL. P. Sudirman No. 1 |
|
|
Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh Tim Pengaduan dengan tahapan sebagai berikut : |
||||||
|
|
- |
Cek administrasi |
|
|
|
|
|
|
|
- |
Koordinasi internal |
|
|
|
|
|
|
|
- |
Koordinasi intansi terkait |
|
|
|
|
|
|
|
Reponsif pengaduan : maksimal 3 X 24 jam. Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima. |
7. |
Waktu pelayanan |
Hari Senin s/d Kamis |
: |
07.30 – 15.00 WIB |
|
|
Hari Jum’at |
: |
07.30 – 13.30 WIB |
|
|
|
|
|
Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing)
1. |
Dasar Hukum |
1. |
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik ; |
|
|||||||
|
|
2. |
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan; |
|
|||||||
|
|
3. |
Perpres Nomor 26 Tahun 2009 yang telah diubah dengan Perpres Nomor 35 Tahun 2010 tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis Nomor Induk Kependudukan secara nasional; |
|
|||||||
|
|
4. |
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2011 tentang Standart Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten / Kota ; |
|
|||||||
|
|
5. |
Peraturan Bupati Pati Nomor 1 Tahun 2014 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Bupati Pati Nomor 63 Tahun 2009 tentang Pelimpahan Sebagaian Wewenang Bupati kepada Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati. |
|
|||||||
|
|
4. |
Peraturan Bupati Pati Nomor 35 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati . |
|
|||||||
|
|
5, |
Peraturan Bupati Pati No. 22 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati. |
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
Sarana, Prasarana dan/atau fasilitas |
1. |
Ruang pelayanan; |
|
||||||
|
2. |
Ruang tunggu; |
|
|||||||
|
|
3. |
Komputer dan printer; |
|
||||||
|
|
4. |
ATK. |
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Kompetensi pelaksana |
1. |
Minimal pendidikan SLTA/sederajat |
|
||||||
|
|
2. |
Terampil mengoperasionalkan computer |
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
Pengawas internal |
Oleh Sekretaris Camat |
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
Jumlah pelaksana |
4 (empat) orang |
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. |
Jaminan pelayanan |
Adanya kode etik pelayanan dan maklumat pelayanan |
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. |
Jaminan keamanan pelayanan |
Keabsahan dokumen pengusulan penerbitan kartu keluarga dengan paraf operator dan Kasi/Sekcam |
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. |
Evaluasi kinerja pelaksanaan |
Periodik 1 (satu) bulan sesuai standar pelayanan |
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|