STANDAR PELAYANAN REKOMENDASI PERMOHONAN BANTUAN / RENOVASI TEMPAT IBADAH DAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN

Selasa, 14 Feb 2023 | 08:46:54 WIB - Oleh KANTOR KECAMATAN TAYU


STANDAR PELAYANAN REKOMENDASI PERMOHONAN BANTUAN / RENOVASI TEMPAT IBADAH DAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN

NO.

KOMPONEN

URAIAN

 

1.

Persyaratan

Persyaratan  rekomendasi permohonan bantuan / renovasi tempat ibadah dan pendidikan keagamaan

 

 

-

Surat permohonan bantuan oleh panitia pembangunan yang diketahui Kepala Desa / Lurah dan permohonan harus jelas untuk ditujukan kepada Bupati / Gubernur.,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Prosedur

Prosedur pelayanan rekomendasi permohonan bantuan / renovasi tempat ibadah dan pendidikan keagamaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemohon datang dengan membawa persyaratan permohonan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berkas tidak lengkap

 

 

 

 

 

 

 

 

Petugas  :

 

 

 

 

 

 

-

Memeriksa kelengkapan berkas

 

 

 

 

 

-

Validasi + Verifikasi permohonan

 

 

 

 

 

 

-

Pencatatan regester

 

 

 

 

 

 

 

      Berkas lengkap

 

 

 

 

 

 

-

Proses pembuatan surat rekomendasi.

 

 

 

 

 

 

-

Pemarafan oleh Kasi / Sekcam

 

 

 

 

 

 

-

Penandatangan oleh Camat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-

Petuga mengarsipkan data dan meregester surat rekomerndasi.

 

 

 

 

 

-

Penyerahan surat yang sudah ditandatangani oleh petugas kepada pemohon.

 

 

 

 

 

 

 

 

                   

 

 

 

Keterangan bagan  :

 

 

1.

Pemohon datang ke Kantor Kecamatan untuk menyerahkan berkas permohonan.

 

 

2.

Pemeriksaan berkas permohonan, petugas mengecek dan meneliti kesesuaian persyaratan.

 

 

3.

a.

Jika berkas belum benar dan lengkap serta apabila tidak sesuai , permohonan dikembalikan untuk dilengkapi.

 

 

 

b.

Jika berkas benar dan lengkap maka surat permohonan  akan diproses.

 

 

4.

Pemarafan  dan penandatanganan oleh pejabat yang berwenang.

 

 

5.

Pengarsipan data , pemberian nomor surat rekomendasi.

 

 

6.

Penyerahan surat rekomendasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Lama pelayanan

Maksimal 15 (lima belas) menit terhitung persyaratan diterima lengkap.

 

4.

Biaya tarif

Tidak dipungut bayaran (GRATIS)

5.

Produk pelayanan

Rekomendasi permohonan bantuan / renovasi tempat ibadah dan pendidikan keagamaan

6.

Pengelolaan pengaduan, saran dan masukan

Sarana pelayanan pengaduan

  • Kotak saran

 

 

-

Telepon / SMS : 082135006009

Kantor Kecamatan Tayu Jl. P. Sudirman No. 1 Tayu

 

 

 

 

 

 

Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh Tim Pengaduan dengan tahapan sebagai berikut  :

 

 

-

Cek administrasi

 

 

 

 

 

 

 

-

Koordinasi internal

 

 

 

 

 

 

 

-

Koordinasi intansi terkait

 

 

 

 

 

 

 

Reponsif pengaduan  : maksimal 3 X 24 jam.

Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima.

 

7.

Waktu pelayanam

Hari Senin s/d Kamis

:

07.30 – 15.00 WIB

 

 

Hari Jum’at

:

07.30 – 13.30 WIB

 

 

 

 

 

 

Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing)

 

1.

Dasar Hukum

1.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik ;

 

 

 

2.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2011 tentang Standart Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten / Kota ;

 

 

 

3.

Perbup Pati No. 1 Tahun 2014 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Bupati Pati Nomor 63 Tahun 2009 tentang Pelimpahan Sebagaian Kewenangan Bupati kepada Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati.

 

 

 

4.

Peraturan Bupati Pati Nomor 35 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati . 

 

 

 

5.

Peraturan Bupati Pati No. 22 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                       

 

2.

Sarana, Prasarana dan/atau fasilitas

1.

Ruang pelayanan;

 

 

2.

Ruang tunggu;

 

 

 

3.

Komputer dan printer;

 

 

 

4.

ATK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

3.

Kompetensi pelaksana

1.

Minimal pendidikan SLTA/sederajat

 

 

 

2.

Terampil mengoperasionalkan computer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

4.

Pengawas internal

Oleh Sekretaris Camat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

5.

Jumlah pelaksana

3 (tiga) orang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

6.

Jaminan pelayanan

Adanya kode etik pelayanan dan maklumat pelayanan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

7.

Jaminan keamanan pelayanan

Keabsahan dokumen dengan memberikan Rekomendasi permohonan bantuan / renovasi tempat ibadah dan pendidikan keagamaan dengan tandatangan Camat dan berstempel basah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

8.

Evaluasi kinerja pelaksanaan

Periodik 1 (satu) bulan sesuai standar pelayanan