STANDAR PELAYANAN REKOMENDASI PERMOHONAN KERINGANAN BIAYA PENGOBATAN , KERINGANAN SPP DAN PERMOHONAN

Rabu, 15 Feb 2023 | 11:12:00 WIB - Oleh KANTOR KECAMATAN TAYU


STANDAR PELAYANAN REKOMENDASI PERMOHONAN KERINGANAN BIAYA PENGOBATAN , KERINGANAN SPP DAN PERMOHONAN BIASISWA

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1.

Persyaratan

Persyaratan permohonan keringanan biaya pengobatan, keringanam SPP dan permohonan biasiswa

 

 

1.

Surat keterangan dari Kepala Desa / Lurah yang sudah ditandatangani pemohon dan diketahui Kades / Lurah.

 

 

2.

Fotocopy KTP.

 

 

3.

Surat keterangan tidak mampu dari pemohon diketahui oleh Ketua RT / RW dan Kepala Desa / Lurah.

 

 

4.

Rujukan dari puskesmas setempat, bagi yang berobat di rumah sakit.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Prosedur

Prosedur pelayanan surat permohonan keringan biaya pengobatan, keringanan SPP dan permohonan biasiswa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemohon datang dengan membawa persyaratan permohonan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berkas tidak lengkap

 

 

 

 

 

 

 

 

Petugas  :

 

 

 

 

 

 

-

Memeriksa kelengkapan berkas

 

 

 

 

 

-

Validasi + Verifikasi permohonan

 

 

 

 

 

 

-

Pencatatan regester

 

 

 

 

 

 

 

      Berkas lengkap

 

 

 

 

 

 

-

Proses pembuatan surat.

 

 

 

 

 

 

-

Penandatangan oleh Kasi / Sekcam / Camat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-

Petuga mengarsipkan data dan meregester surat.

 

 

 

 

 

-

Penyerahan surat yang sudah ditandatangani oleh petugas kepada pemohon.

 

 

 

 

 

 

 

 

                   

 

 

 

Keterangan bagan  :

 

 

1.

Pemohon datang ke Kantor Kecamatan untuk menyerahkan berkas permohonan.

 

 

2.

Pemeriksaan berkas permohonan, petugas mengecek dan meneliti kesesuaian persyaratan.

 

 

3.

a.

Jika berkas belum benar dan lengkap serta apabila tidak sesuai , permohonan dikembalikan untuk dilengkapi.

 

 

 

b.

Jika berkas benar dan lengkap maka surat permohonan  akan diproses.

 

 

4.

Pemarafan + penandatanganan oleh pejabat yang berwenang.

 

 

5.

Pengarsipan data , pemberian nomor surat.

 

 

6.

Penyerahan surat ke pemohon.

 

3.

Lama  pelayanan

Maksimal 15 (lima belas) menit terhitung persyaratan diterima lengkap.

 

 

4.

Biaya tarif

Tidak dipungut bayaran (GRATIS)

5.

Produk pelayanan

Permohonan keringan biaya pengobatan, keringan SPP dan permohonan biasiswa.

 

6.

Pengelolaan pengaduan, saran dan masukan

Sarana pelayanan pengaduan

  • Kotak saran

 

 

-

Telepon / SMS : 082135006009

Kantor Kecamatan Tayu Jl. P. Sudirman No. 1 Tayu

 

 

Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh Tim Pengaduan dengan tahapan sebagai berikut  :

 

 

-

Cek administrasi

 

 

 

 

 

 

 

-

Koordinasi internal

 

 

 

 

 

 

 

-

Koordinasi intansi terkait

 

 

 

 

 

 

 

Reponsif pengaduan  : maksimal 3 X 24 jam.

Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima.

 

 

 

 

7.

Waktu pelayanan

Hari Senin s/d Kamis

:

07.30 – 15.00 WIB

 

 

Hari Jum’at

:

07.30 – 13.30 WIB

 

 

 

 

 

 

Komponen Standar Pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan di internal organisasi (manufacturing)

 

1.

Dasar Hukum

1.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

 

 

 

2.

Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

 

 

 

3.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik ;

 

 

 

4.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2011 tentang Standart Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten / Kota ;

 

 

 

5.

Perbup Pati No. 1 Tahun 2014 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Bupati Pati Nomor 63 Tahun 2009 tentang Pelimpahan Sebagaian Kewenangan Bupati kepada Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati.

 

 

 

6.

Peraturan Bupati Pati Nomor 35 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati . 

 

 

 

7.

Peraturan Bupati Pati No. 22 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati.

 

           

 

2.

Sarana, Prasarana dan/atau fasilitas

1.

Ruang pelayanan;

 

 

2.

Ruang tunggu;

 

 

 

3.

Komputer dan printer;

 

 

 

4.

ATK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

3.

Kompetensi pelaksana

1.

Minimal pendidikan SLTA/sederajat

 

 

 

2.

Terampil mengoperasionalkan computer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

4.

Pengawas internal

Oleh Sekretaris Camat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

5.

Jumlah pelaksana

3 (tiga) orang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

6.

Jaminan pelayanan

Adanya kode etik pelayanan dan maklumat pelayanan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

7.

Jaminan keamanan pelayanan

Keabsahan dokumen PERMOHONAN KERINGANAN BIAYA PENGOBATAN, KERINGANAN SPP DAN PERMOHONAN BIASISWA dengan tandatangan Kasi/sekcam/Camat dan berstempel basah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                     

 

8.

Evaluasi kinerja pelaksanaan

Periodik 1 (satu) bulan sesuai standar pelayanan